Senin, 21 Oktober 2013

Browse » home» » » » » » » Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot

Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot

Melihat Kondisi Mesin Lewat Asap Knalpot  

untuk mengetahui kondisi mesin khususnya dapur pacu, tidak perlu membuka kap mesin. Repot mencopot busi, terus teliti satu persatu komponen pengapaian dan komponen lainnya. Tapi cukup dengan mencermati ujung dan asap knalpot.

1.      Kerak dan asap Hitam
Ujung knalpot ada kerak hitam, ini menandakan terlalu banyak bensin yang terbuang tidak terbakar, Penyebabnya, biasanya setelan karburator terlalu boros, konsumsi bensin sangat boros dan tenaga kurang. Bisa disetel kembali karburator.

2.      Kerak Abu-Abu
Kondisi ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.

3.      Percikan Air
Kejadian ini normal saat kondisi mesin dingin. ini namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dengan naiknya suhu di dalam saluran knalpot, percikan air akan hilang.

4.      Serpihan Kotoran
Bentuknya bisa berupa besi karatan atau benda mirip kapas yang terbakar. Ini menunjukkan kondisi saringan knalpot yang keropos akibat karat.

5.      Lelehan Oli
Kondisi ini mengisyaratkan adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar dalam kuantitas cukup banyak. Bersamaan dengan sisa gas buang.

6.      Asap putih

 Penyebabnya, bisa karena kondisi ring piston yang aus atau longgar. Atau berasal dari akibat sil katup pecah. Kondisi ini biasanya akan membuat umur busi menjadi pendek.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar